Saturday, June 7, 2008

COPY PASTE DARI INTERNET BUKAN MENJIPLAK

Ketika pertama kali saya ingin membuat karya tulis ilmiah, bingungnya minta ampun. Rupanya kerangka yang dberikan oleh pembimbing masih belum cukup. Saya berusaha minta bantuan dengan orang yang pernah membuat karya tulis ilmiah. Sebelumnya, yang saya dapatkan penjelasan yang berbelit-belit. Akhirnya saya mencoba mencari contoh-contoh karya tulis ilmiah melalui internet. Alhasil, saya mendapatkan berbagai contoh yang dapat menunjang pembuatan karya tulis. Cara inilah yang disebut copy paste alias meniru, tetapi ini menurut saya bukan menjiplak. Karena tidak persis habis semua isi dari contoh tersebut. Contoh yang ada hanya memudahkan kita dalam pembuatan sebuah karya tulis.

Cara copy paste ini dilhami dari seseorang yang hendak menggambar pemandangan. Seorang pelukis hendak akan mendapatkan acungan jempol apabila dapat menggambar obyek dengan persis. Mungkin menurut saya, dapat diadopsi dalam penulisan karya ilmiah. Dalam kaitannya, kita dapat menulis sebuah karya ilmiah dengan meniru gaya penulisan dari beberapa contoh yang ada. Contohnya, kita ingin membuat sebuah novel. Dengan membaca berbagai novel cinta kita akan dapat membuat sebuah novel dengan gaya yang sama. Jadi copy paste bukan berarti menjiplak.

Penulis.
Heriansyah
SMAN 1 Sekadau

No comments: